Cara Mudah Meningkatkan Link Internal Di Blog Anda

Link internal telah menjadi sebuah strategi efektif yang sangat penting karena beberapa alasan: 1) membantu untuk meningkatkan tampilan halaman dan mendorong pembaca untuk tetap di blog anda lebih lama dengan memberikan link ke konten yang mungkin menarik bagi mereka, dan 2) dapat membantu meningkatkan peringkat SERP postingan dan halaman anda.

Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara mudah untuk meningkatkan link internal yang akan menghubungkan seluruh blog Anda. Lakukan tips-tips dibawah ini dengan baik untuk menciptakan blog yang lebih ramah dan juga membantu meningkatkan SERP blog anda.

Gunakan sitemap
Sitemap tidak hanya penting untuk membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari, sitemap juga dianggap sebagai cara yang mudah untuk meningkatkan jumlah link internal ke halaman penting Anda. Saya tidak berbicara tentang XML Sitemaps yang di diciptakan untuk mesin pencari, melainkan sebuah sitemap khusus untuk pembaca Anda dengan link ke semua postingan Anda. Contohnya seperti sitemap pada blog monzabyte (lihat di menu footer monzabyte).

Pengguna WordPress dapat menggunakan plugin Sitemap Generator dari Dago Desain. Plugin ini dapat digunakan untuk membuat halaman sitemap secara otomatis disusun berdasarkan kategori.

Buat sebuah FAQ
Halaman FAQ dapat membantu Anda untuk mendapatkan link internal bagi postingan anda ketika. Buat beberapa pertanyaan umum yang mungkin pembaca dapat memperoleh jawaban dari postingan blog anda. Ajukan pertanyaan yang sering ditanyakan pada halaman FAQ, sebagian jawaban dari pertanyaan langsung dijawab ditempat, dan memberikan link ke postingan tertentu untuk informasi lebih lanjut. Kalimat pertanyaannya menggunakan kata kunci yang cenderung digunakan oleh pembaca ketika melakukan pencarian, karena hal ini dapat membantu meningkatkan traffic dari search engine. Juga gunakan kata kunci dalam anchor text dari link ke postingan anda.

Link ke posting terkait
Link ke postingan pada topik yang sama dapat membantu pembaca anda untuk menemukan konten tambahan yang mungkin menarik minat mereka. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah link internal untuk postingan blog Anda. Anda dapat membuat link terkait secara manual di akhir postingan Anda, atau Anda dapat menggunakan sebuah plugin. Bagi pengguna WordPress bisa menggunakan plugin Related Entries dan Yet Another Related Posts Plugin.

Sertakan postingan populer pada sidebar anda
Menampilkan postingan paling populer adalah cara yang baik untuk meningkatkan tampilan halaman Anda dan juga untuk meningkatkan kekuatan link internal Anda. Ini juga bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan sebuah plugin. Melakukannya secara manual akan membutuhkan sedikit perubahan pada tema blog anda, sedangkan menggunakan plugin seperti MostWanted akan menghilangkan upaya manual yang mungkin agak lebih sulit ketimbang menggunakan plugin.

Menulis serangkaian posting
Salah satu cara mudah membangun jumlah link internal adalah menulis postingan seri. Sebagai rangkaian posting, anda akan saling menghubungkan satu sama lain antara postingan seri 1, postingan seri 2, postingan seri 3, dan seterusnya. Jika Anda memiliki postingan yang sangat panjang, pertimbangkan untuk memecahnya postingan tersebut menjadi beberapa seri.

Membuat ringkasan postingan mingguan atau bulanan
Banyak blogger yang saya temui membungkus beberapa link postingan bulanan yang dianggap terbaik/populer menjadi sebuah ringkasan pada postingan terbaru yang ditambah dengan deskripsi singkat dari masing-masing postingan. Jelas hal ini memberikan anda kesempatan untuk menambahkan beberapa link internal, dan dapat membantu pembaca yang mungkin telah melewatkan beberapa postingan atau pelanggan baru yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk membaca beberapa karya terbaik Anda.

Tempatkan link di halaman 404 Anda
Halaman 404/page not found dapat membuat frustasi para pengunjung. Buatlah halaman 404 lebih friendly terhadap pengunjung dan pastinya anda akan mendapatkan trafik tambahan untuk beberapa postingan. Kebanyakan tema WordPress telah menyertakan file 404.php yang dapat diedit dan dapat memasukkan beberapa materi yang Anda inginkan, termasuk link. Jika Anda menggunakan tema WordPress yang tidak menyertakan file 404, lihat WordPress Codex untuk petunjuk selanjutnya.

Menyertakan link di footer blog Anda
Footer blog anda jangan hanya anda gunakan sebagai tempat menulis copyright saja, cobalah anda berpikir untuk menambahkan sedikit link pada footer blog anda. Hal ini juga dapat membantu anda untuk menambah koleksi link internal.

Gunakan teks link di seluruh postingan
Saat anda menulis postingan blog, anda memiliki kesempatan terbuka untuk meng-link postingan lama. Jika Anda memiliki teks yang berkaitan dengan topik posting lama, buatlah sebuah link.

SEO Smart Links plugin untuk WordPress
Pengguna WordPress dapat mengambil keuntungan dari plugin SEO Smart Links yang secara otomatis dapat membuat link untuk frase yang biasa digunakan di seluruh postingan bloga. Plugin ini dirancang agar dapat digunakan untuk link internal maupun link eksternal (terutama link afiliasi).

Begitulah caranya agar anda dapat menambah link internal pada blog anda. Oke, jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar, karena kita akan mendiskusikannya sama-sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *